cara mengetahui variabel penelitian yang akan dijadikan penelitian

Pengertian

Buku-buku yang mempelajari tentang metodologi penelitian telah banyak yang membahas hal ini. Anda dapat merujuk Buku yang disusun Prof.Dr. Sugiyono, Nanang Martono, Prof. Dr, Husaeni Usman, dan masih banyak lagi. 

Mengutip pendapat Hatch & Farhady (1981). Variable didefinisikan sebagai Atribut seseorang atau obyek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan obyek yang lain.

Berbicara tentang Variabel penelitian maka akan ditemukan banyak pendapat ahli yang membahasnya. Namun mayoritas menyatakan bahwa variabel merupakan hal yang dipelajari, di teliti, atau di analisis. Dengan kata lain variabel penelitian dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang dipelajari, diteliti atau dianalisis. Dari variabel ini pulalah seorang yang meneliti dapat mengambil kesimpulan. 

Lantas dari mana asal muasal variabel penelitian? jawabnya dari anda sendiri. Ketika anda berpikir bahwa saat membaca artikel ini anda bingung, lalu anda merasa tidak puas dan ingin mencari artikel di blog lain, maka situasi yang demikian sudah merupakan bagian dari variabel. Karena di situasi tersebut anda ingin tahu dan ingin mengambil kesimpulan pengetahuan dari pencarian tersebut. 

Artinya : yang anda ingin ketahui--- itulah makna variabel. 

Agar lebih mudah, silahkan bayangkan apa judul penelitian anda. 
Contoh 1 : 
"Hubungan motivasi dan disiplin siswa terhadap Nilai ujian Nasional"

Dari kalimat tersebut, manakah variabelnya? jawabnya adalah :
1. motivasi (sebagai variabel independen) 
2. disiplin siswa (sebagai variabel independen)
3. Nilai ujian nasional (sebagai variabel dependen)

Apa sih yang dimaksud variabel independen? variabel independen merupakan yang mempengaruhi, atau yang menjadi sebab, atau yang menjadi masalah dan hendak di teliti. Sedangkan variabel dependen adalah yang dipengaruhi, atau yang menjadi fokus masalah penelitian. 

Contoh lain : 
Pengaruh kepemimpinan dan koordinasi terhadap kinerja pegawai

Cobalah sebutkan variabel penelitiannya? 

Caranya : 
Dalam penelitian rumusnya bukan seperti ini = 1---2---3  akan tetapi berbalik menjadi = 3--2--1
Apa maksudnya? maksudnya adalah penelitian bukan mencari variabel independen dulu, baru kemudian cari variabel dependen. 

Pada contoh kasus di atas, cara menentukan penelitian dari rumus di atas =3--2--1 :
3. Kinerja Pegawai ( variabel dependen) yang menjadi fokus penelitian. Apa saja yang mempengaruhi kinerja pegawai? nah disinilah yang disebut masalah penelitian. Masalah yang ditemukan ada 2 misalnya, yakni : 

2. Koordinasi
1. Kepemimpinan

Sebenarnya banyak yang mempengaruhi kinerja pegawai, namun Koordinasi dan kepemimpinaan merupakan masalah yang krusial. 

Dari pembahasan singkat tersebut, saya simpulkan bahwa penelitian bukanlah untuk mencari JUDUL, akan tetapi untuk mencari masalah dari variabel-variabel yang krusial, yang dapat mempengaruhi, atau yang menjadi nilai analisis penelitian. 

Ok sobat, lain waktu saya akan tuliskan kembali cara menentukan operasional variabel