Presentasi dengan PPT MS.13 |
Presentasi yang efektif yang baik dan benar harus menggabungkan antara karya desain dan tulisan, dan skill kemampuan anda sebagai presentator dalam memahami audiens anda. Presentasi efektif akan menjadi suatu daya tarik tersendiri, sekaligus nilai tambah yang akan memotivasi pendengar agar lebih memiliki minat yang kuat untuk mendengar sajian presentasi anda. Menurut saya, presentasi yang efektif adalah jika presentasi anda didengarkan dan membawa manfaat bagi siapapun, utamanya audiens sebagai pendengar, yang menyaksikan.
Di bawah ini, akan saya sajikan beberapa poin penting dalam menyajikan atau menyampaikan sebuah presentasi. Ada banyak tips yang akan membuat presentasi anda lebih efektif. Namun saya hanya akan menyajikan 5(lima) poin dasarnya saja. Diantaranya adalah :
1. Kuasai Materi Anda
Materi yang akan anda sajikan dalam presentasi haruslah benar-benar Materi yang anda kuasai. Penguasaan materi dalam hal yang anda sampaikan adalah suatu hal yang wajib. Mengapa harus menguasai materi? Karena perlu anda ketahui, bahwa tidak sedikit orang yang menyampaikan presentasi menjadi gugup dan lemah ketika sudah berada didepan audiens. Padahal sebelumnya dia sudah mencoba untuk tenang, tidak gugup, berusaha mengingat-ingat, dan sebagainya.
Sebagai langkah awal untuk menguasai materi, ada baiknya anda berusaha semaksimal mungkin untuk membaca buku-buku yang relevan dengan isi presentasi anda, banyak bertanya, berdiskusi, dan membuat prediksi pertanyaan apa yang kira-kira akan diajukan oleh audiens ketika anda sedang menyampaikan presentasi.
2. Buat menjadi Mudah
Dalam menyampaikan presentasi, audiens akan mendengarkan anda jika presantasi yang disampaikan dapat dipahami karena seolah-olah terlihat mudah. Oleh sebab itu, poin nomor satu di atas, yakni penguasaan materi, tentunya menjadi faktor penting dalam poin kedua. Akan sangat membosankan jika presentasi anda berputar-putar kesana-kemari. Padahal tujuan utama presentasi adalah mempermudah, memperjelas, bukannya malah mempersulit. Untuk membuat presentasi anda cepat dipahami dan diterima, maka gunakanlah bahasa yang umum dimengerti, atau jika ada bahasa yang kira-kira belum dipahami audiens, anda harus cepat tanggap untuk menjelaskannya sebelum audiens bertanya.
3. Buat Kesimpulan di setiap poin penting
Nah, jika poin 1 dan 2 telah laksanakan, maka poin yang tak kalah penting lainnya adalah membuat kesimpulan. Kesimpulan yang saya maksud disini adalah bukan bagian akhir dari presentasi anda, akan tetapi kesimpulan-kesimpulan yang anda anggap dapat memudahkan pemahaman audiens anda terhadap poin-poin yang mereka butuhkan.
4. Berusaha memahami Audiens
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa audiens anda berbeda-beda, baik dari tingkat pendidikan, jurusan akademik, kemampuan atau daya serap dalam memahami materi. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum menyampaikan presentasi, anda melakukan riset kecil-kecilan dengan bertanya kepada audiens tentang pengalaman pendidikan mereka, atau apa hal yang mereka sukai. Tujuannya adalah agar nantinya dalam menyampaikan presentasi, anda dapat dengan mudah membuat perbandingan yang sesuai dengan pengalaman pendidikan mereka, atau apapun yang mereka sukai. Dan satu hal yang perlu kita ketahui juga, bahwa dengan kita memahami audiens, maka kita akan lebih mudah menentukan gaya desain presentasi seperti apa yang kita butuhkan untuk kebutuhan mereka. Kita butuh, mereka membutuhkan. Begitulah kira-kira :D
5. Buat rancangan desain yang sistematis
Desain presentasi yang umum digunakan orang saat ini adalah dengan bantuan Microsoft Power Point. Desain yang digunakan sebaiknya mempertimbangkan keberadaan audiens anda. Hal ini sebagai langkah awal agar audiens anda tidak merasa bosan. Karena mau tidak mau, anda juga harus memahami bahwa tidak semua orang lebih suka mendengar saja.
Banyak cara yang digunakan untuk memudahkan audiens memahami presentasi, mulai dari penggunaan kata-kata yang familiar bagi mereka, visual atau gambar. Kalimat yang ada dalam presentasi haruslah singkat, mudah di pahami, dan tidak terkesan berputar-putar yang mengakibatkan kualitas presentasi anda tidak mencakup hal-hal yang penting.
Ok sobat semua, itulah 5 (lima) Tips penting yang membuat presentasi menjadi efektif. Presentasi yang saya jelaskan disini, mencakup presentasi anda dalam dunia bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Poin-poin yang saya jelaskan diatas adalah menurut pengalaman saya. Jadi maaf andaikata saya keliru, tolong ingatkan. Namun secara pribadi, saya sudah menerapkannya, bahwa poin 1 sampai poin 4 adalah hal terpenting bagi keefektifan presentasi, sementara poin ke 5 adalah ruh nya.
3. Buat Kesimpulan di setiap poin penting
Nah, jika poin 1 dan 2 telah laksanakan, maka poin yang tak kalah penting lainnya adalah membuat kesimpulan. Kesimpulan yang saya maksud disini adalah bukan bagian akhir dari presentasi anda, akan tetapi kesimpulan-kesimpulan yang anda anggap dapat memudahkan pemahaman audiens anda terhadap poin-poin yang mereka butuhkan.
4. Berusaha memahami Audiens
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa audiens anda berbeda-beda, baik dari tingkat pendidikan, jurusan akademik, kemampuan atau daya serap dalam memahami materi. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum menyampaikan presentasi, anda melakukan riset kecil-kecilan dengan bertanya kepada audiens tentang pengalaman pendidikan mereka, atau apa hal yang mereka sukai. Tujuannya adalah agar nantinya dalam menyampaikan presentasi, anda dapat dengan mudah membuat perbandingan yang sesuai dengan pengalaman pendidikan mereka, atau apapun yang mereka sukai. Dan satu hal yang perlu kita ketahui juga, bahwa dengan kita memahami audiens, maka kita akan lebih mudah menentukan gaya desain presentasi seperti apa yang kita butuhkan untuk kebutuhan mereka. Kita butuh, mereka membutuhkan. Begitulah kira-kira :D
5. Buat rancangan desain yang sistematis
Desain presentasi yang umum digunakan orang saat ini adalah dengan bantuan Microsoft Power Point. Desain yang digunakan sebaiknya mempertimbangkan keberadaan audiens anda. Hal ini sebagai langkah awal agar audiens anda tidak merasa bosan. Karena mau tidak mau, anda juga harus memahami bahwa tidak semua orang lebih suka mendengar saja.
Banyak cara yang digunakan untuk memudahkan audiens memahami presentasi, mulai dari penggunaan kata-kata yang familiar bagi mereka, visual atau gambar. Kalimat yang ada dalam presentasi haruslah singkat, mudah di pahami, dan tidak terkesan berputar-putar yang mengakibatkan kualitas presentasi anda tidak mencakup hal-hal yang penting.
Ok sobat semua, itulah 5 (lima) Tips penting yang membuat presentasi menjadi efektif. Presentasi yang saya jelaskan disini, mencakup presentasi anda dalam dunia bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Poin-poin yang saya jelaskan diatas adalah menurut pengalaman saya. Jadi maaf andaikata saya keliru, tolong ingatkan. Namun secara pribadi, saya sudah menerapkannya, bahwa poin 1 sampai poin 4 adalah hal terpenting bagi keefektifan presentasi, sementara poin ke 5 adalah ruh nya.